PROPOSAL KEGIATAN PEKAN OLAHRAGA


PROPOSAL KEGIATAN
PEKAN OLAHRAGA PESERTA DIDIK DAERAH (POPDDA)
JAWA BARAT TAHUN 2014 CABANG OLAHRAGA PENCAK SILAT

A. LATAR BELAKANG

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab. Salah satu prinsip penyelenggaraan pendidikan adalah pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa.

Dalam rangka mewujudkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam tujuan pendidikan nasional, maka perlu adanya peningkatan pemahaman nilai kurltural, dan kemajemukan bangsa dengan mengembangkan kreatifitas Peserta Didik, baik dalam proses pembelajaran etika dan estetika, maupun dalam aktifitas pengembangan bakat, minat, dan kemampuan Peserta Didik di bidang olahraga.

PROPOSAL KEGIATAN CLASSMEETING



PROPOSAL KEGIATAN CLASSMEETING DAN PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1435 H
ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

I.                   LATAR BELAKANG

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) merupakan kegiatan rutinitas wajib bagi sebuah sekolah. Mengajar adalah rutinitas wajib bagi seorang guru, sedangkan belajar adalah rutinas wajib bagi seorang siswa. Hal ini berlangsung setiap hari, hanya hari minggu saja kegiatan tersebut diliburkan.
Sekolah Menengah Kejuruan Yapsipa Tasikmalaya adalah salah satu sekolah yang memiliki kegiatan KBM yang padat. KBM berlangsung dari pukul 06.45 WIB sampai pukul 12.00 WIB, dilanjutkan dengan bimbingan sore dan bimbingan malam, hanya jam istirahat saja waktu yang dapat dijadikan siswa untuk beristirahat dan menyegarkan otak atau merefresh pikiran agar tenang kembali.
Tanggal 6  sampai 14 Maret 2014 kegiatan Ulangan Bulanan II akan diadakan di SMK YAPSIPA TASIKMALAYA. Hal ini akan menjadikan siswa untuk memaksa otak mereka agar bekerja lebih maksimal. Oleh karena itu, siswa membutuhkan kegiatan yang dapat merefresh otak mereka agar pikiran mereka menjadi tenang kembali setelah menghadapi ulangan tersebut, sebab jika tidak akan berdampak negatif pada siswa tersebut, terutama pada perkembangan emosionalnya.
 Classmeeting merupakan suatu kegiatan yang dapat menyegarkan pikiran dan dapat membuat pikiran yang tegang menjadi tenang. Hal ini merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan pascaulangan bulanan demi penyegaran otak siswa.
 Selain itu, tanggal 9 Maret 2014, bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad Saw 1435 H yang merupakan hari penting bagi umat Islam sehingga perlu diadakan sebuah peringatan sebagai wujud kecintaan seorang muslim terhadap rasulnya.
Hal inilah yang mendorong Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK YAPSIPA TASIKMALAYA bermaksud mengadakan kegiatan Classmeeting dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw pada ULANGAN TENGAH SEMESTER genap tahun pelajaran 2013/2014 ini.

MODEL PEMBELAJARAN KREATIF


MODEL PEMBELAJARAN KREATIF

Pembelajaran merupakan suatu cara dan sebuah proses hubungan timbal balik antara siswa dan guru yang sama-sama aktif melakukan kegiatan. Berikut ini adalah macam-macam model pembelajaran yang terbaru:

# MODEL CERAMAH

Adalah sebuah model pembelajaran dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Model pembelajaran ini bisa dikatakan sebagai model pembelajaran yang paling ekonomis dalam menyampaikan informasi serta paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur

# MODEL DISKUSI

Model pembelajaran diskusi merupakan model pembelajaran yang sangat berkaitan dengan pemecahan masalah. Model pembelajaran ini sering disebut sebagai diskusi kelompok dan resitasi/pelafalan bersama

Jenis-Jenis Model Pembelajaran Kooperatif Terbaru


Jenis-Jenis Model Pembelajaran Kooperatif
Tinjauan Umum Model Pembelajaran Kooperatif

Dewasa ini substansi model pembelajaran kali ini akan membahas jenis-jenis model pembelajaran kooperatif apa saja yang dapat digunakan di kelas. Banyak guru tertarik untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif dikelasnya karena banyaknya kelebihan yang dimiki model pembelajaran kooperatif ini, misalnya meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebelum masuk ke bagian utama yaitu tentang jenis-jenis model pembelajaran kooperatif, ada baiknya kita kembali membaca kilasan singkat tentang model pembelajaran kooperatif ini. Model pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran yang dalam pelaksanaannya mengedepankan pemanfaatan kelompok-kelompok siswa. Prinsip yang harus dipegang teguh dalam kaitan dengan kelompok kooperatif adalah setiap siswa yang ada dalam suatu kelompok harus mempunyai tingkat kemampuan yang heterogen (tinggi, sedang dan rendah) dan bila perlu mereka harus berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda serta mempertimbangkan kesetaraan gender. Model pembelajaran kooperatif bertumpu pada kooperasi (kerjasama) saat menyelesaikan permasalahan belajar yaitu dengan menerapkan pengetahuan dan keterampilan sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Sebuah model pembelajaran dicirikan oleh adanya struktur tugas belajar, struktur tujuan pembelajaran dan struktur penghargaan (reward). Dalam kaitan dengan model pembelajaran kooperatif, maka tentu saja struktur tugas, struktur tujuan dan struktur penghargaan pada model pembelajaran ini tidak sama dengan struktur tugas, struktur tujuan serta struktur penghargaan model pembelajaran yang lain.
Jenis-Jenis Model Pembelajaran Kooperatif yang Dapat Diterapkan Guru
Berikut ini daftar beberapa model pembelajaran kooperatif yang efektif:

TAI (Team Assisted Individualization atau Team Accelerated Instruction)


Kumpulan Model-Model Pembelajaran Terbaru



Kumpulan Model-Model Pembelajaran Terbaru

Tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal apabila model pembelajaran yang digunakan  untuk membelajarkan peserta didik sesuai dengan cara-gaya belajar mereka. dalam memilih model pembelajaran yang tepat haruslah memperhatikan kondisi Peserta didik, sifat materi bahan ajar, fasilitas-media yang tersedia dan kondisi guru itu sendiri. karena dalam prakteknya guru (pengajar) harus ingat bahwa tidak ada model pembelajaran yang paling tepat untuk segala situasi dan kondisi. Oleh karena itu, 

Berikut disajikan beberapa model pembelajaran untuk dipilih dan dijadikan alternatif masing-masing model pembelajaran.


  1. CL (Cooperative Learning)
  2. CTL (Contextual Teacing and Learning)
  3. RME (Realistic Mathematics Education)
  4. DL (Direct Learning)
  5. PBL (Problem Based Learning)
  6. Problem Solving
  7. Problem Posing
  8. OE (Open Ended)- Problem Terbuka
  9. Probing-Prompting

Nurul Arif Salam Go Green


Sekarang s13634003791520952239udah saatnya tumbuhan dan sampah kita lakukan sebagai sahabat kita semua. Apa yang dilakukan oleh sekelompok anak muda (santri Nurul Arif Salam) ini patut kita apresiasi dan merupakan salah satu contoh sari thauladan. Adapun kegiatan yang dilakukan oleh seelompok anak muda ini yaitu :
1. Menanam tumbuhan di atas asbes masjid, khususnya tanaman cabe keriting dan bawang daun.
2. Mengelola sampah anorganik di kawasan sekitar pondok pesantren.
Kegiatan tersebut merupakan ide dari anak muda yang disetujui oleh dewan guru mengajar di pondok pesantren ini.
Begitulah sekilas informassi yang di dapat dari pondok pesantren Nurul Arif Salam Tasikmalaya yang beralamat di Jl Perintis kemerdekaan, Gunung Jawa, 65 Padayungan Cihidheung Tasikmalaya. Moga Bermanfaaat.

NADHOM SP NURUL ARIF SALAM


Eling-eling umat Islam
Nya Alloh tos marentahkeun
Tadakur kumaca Qur’an
Kalam dawuhan pangeran.

Jalma numaca Al-Qur’an
Tangtu hate tenang pisan
Da Qur’an sanes pajangan
Bacaan keur umat Islam.

Nurul 'Arif Salam


Nurul 'Arif Salam

Salah satu Pondok Pesantren Al-Qur'an yang berada di kota Tasikmalaya yaitu Pondok Pesantren Al-Qur'an Nurul 'Arif Salam. Pondok Pesantren Al-Qur'an Nurul 'Arif Salam didirikan di Gunung Jawa Rt 01/Rw 02 Padayungan Kelurahan Tugujaya Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya. Sekitar tahun delapan puluhan, Pondok Pesantren Al-Qur'an Nurul 'Arif Salam didirikan oleh KH.Drs. Mahfud Sidiq beserta Istri beliau Hj. Ihah Solihah (Almh) yang berbasis pada pendidikan Ilmu Al-Qur'an, adapun kajian kajian pokok pada Pondok Pesantren Al-Qur'an Nurul 'Arif Salam yaitu Al-Quran juga tidak ditinggalkan malahan semakin ditingkatkan yaitu kajian kitab kuning, seperti kajian Ilmu Tauhid, Nahwu,Shorof, dan lain-lain, KH.Drs. Mahfud Sidiq selaku pimpinan umum juga