PROPOSAL KEGIATAN
PEKAN OLAHRAGA PESERTA DIDIK DAERAH (POPDDA)
JAWA BARAT TAHUN 2014 CABANG OLAHRAGA PENCAK SILAT

A. LATAR BELAKANG

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab. Salah satu prinsip penyelenggaraan pendidikan adalah pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa.

Dalam rangka mewujudkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam tujuan pendidikan nasional, maka perlu adanya peningkatan pemahaman nilai kurltural, dan kemajemukan bangsa dengan mengembangkan kreatifitas Peserta Didik, baik dalam proses pembelajaran etika dan estetika, maupun dalam aktifitas pengembangan bakat, minat, dan kemampuan Peserta Didik di bidang olahraga.


Salah satu wadah untuk mengimplementasikan harapan tersebut adalah dengan ajang PEKAN OLAHRAGA PESERTA DIDIK DAERAH (POPDDA). SMK YAPSIPA TASIKMALAYA mendapatkan kepercayaan untuk menyelenggarakan PEKAN OLAHRAGA PESERTA DIDIK DAERAH (POPDDA) Tahun 2014 Jawa Barat, khusus untuk cabang olahraga pencak silat. Kegiatan ini dijadikan wadah untuk menyalurkan bakat Peserta Didik dalam cabang olahraga pencak silat, serta sebagai ajang seleksi bagi para Peserta Didik untuk mewakili kontingen JAWA BARAT dalam kegiatan Pekan Olahraga Peserta Didik Nasional (POMNAS) Tahun 2014 di Kepulauan Riau.

B. DASAR PENYELENGGARAAN KEGIATAN

1.      Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);
2.      Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 23, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5105);
3.      Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no. 155/O/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi di Sekolah;
4.      Keputusan Mendiknas Nomor 232/U/2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik;
5.      Keputusan Mendiknas Nomor 045/U/2002 Tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi;
6.      Pedoman Umum Pekan Olahraga Peserta Didik Nasional (POMNAS) XII Di Kepulauan Riau Tahun 2014.

C. MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah:
1.      Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler Peserta Didik di Sekolah melalui minat, bakat, dan kegemaran para Peserta Didik, khususnya di bidang olahraga.
2.      Meningkatkan dan mengembangkan apresiasi olahraga dikalangan Peserta Didik untuk memperkuat daya saing bangsa.
3.      Menjalin kerja sama antar Peserta Didik untuk mempererat rasa persaudaraan dalam rangka mempertahankan keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).
4.      Menentukan wakil kontingen JAWA BARAT guna mengikuti Pekan Olahraga Peserta Didik Nasional (POMNAS) Tahun 2014 di Kepulauan Riau.
5.      Sebagai sarana komunikasi olahraga dan sekaligus menumbuhkembangkan semangat sportivitas yang tinggi serta rasa kebersamaan antar Peserta Didik se-Jawa Barat.

D. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

PEKAN OLAHRAGA PESERTA DIDIK DAERAH (POPDDA) Tahun 2014 JAWA BARAT  Cabang Olahraga Pencak Silat dilaksanakan dengan alokasi waktu sebagai berikut:

No
Jadwal
Acara
Tempat
Tanggal
Waktu
1
15 April 2014
10.00 WIB
Batas akhir pendaftaran
Sekretariat Panitia
2
18 April 2014
13.00 WIB - selesai
Technical Meeting & Penimbangan Berat Badan
Aula Utama (Gd. A3, lt.2)
3
19 April 2014
08.00 WIB - selesai
Pembukaan & Babak Penyisihan
Gedung Sasana Budaya
4
20 April 2014
08.00 WIB - selesai
Babak Penyisihan
5
21 April 2014
08.00 WIB - selesai
Babak Final & Penutupan

Catatan:
§  Rencana alokasi waktu tersebut dapat berubah menyesuaikan jumlah peserta
§  Gedung Sasana Budaya, Jl. Perintis Kemerdekaan No. 5 TASIKMALAYA
-     Terminal Cilembang: naik 10 turun di Jl. Perintis Kemerdekaan TASIKMALAYA
-     Terminal Indihiang: naik 10 turun di Jl. Perintis Kemerdekaan TASIKMALAYA
-     Terminal Kawalu: naik 03 turun di Jl. Perintis Kemerdekaan TASIKMALAYA

E. KETENTUAN UMUM

1.   Pendaftaran dibuka mulai tanggal 14 Maret – 15 April 2014
2.   Tempat pendaftaran :
Bagian KePeserta Didikan SMK YAPSIPA TASIKMALAYA
Jl. Perintis Kemerdekaan No 5 TASIKMALAYA (gedung A3, lantai 3)
Telp. 0341-551312 ext. 136-137 atau fax. 0341-556775
Contact person:     Lusy Fina Tursiana (085790962785 atau 0341-7056991)
Website: http//:kePeserta Didikan.Yapsipa.Sch.id
3.   Pendaftaran dilakukan dengan cara mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan mengirimkannya melalui fax dan/atau email atau menyerahkanya secara langsung ke sekretariat panitia pelaksana selambat-lambatnya pada tanggal 15 April 2014 pukul 10.00 WIB. Formulir pendaftaran bisa diunduh di http//:kePeserta Didikan.smkyapsipa.sch.id.
4.   Membayar kontribusi Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) per orang  per kategori diserahkan langsung sebelum Technical Meeting.
5.   Panitia tidak menyediakan konsumsi dan penginapan selama pertandingan berlangsung.


F. KETENTUAN KHUSUS

1.      Peserta
a.       Peserta pertandingan adalah pesilat yang ditetapkan oleh panitia Selekdamawa JAWA BARAT 2014 sesuai dengan petunjuk pelaksanaan Selekdamawa JAWA BARAT 2014.
b.      Pesilat yang telah memenuhi syarat sebagai peserta mempunyai hak penuh/ mutlak untuk ikut bertanding dalam Selekdamawa JAWA BARAT 2014 sesuai dengan kelasnya mewakili Sekolah masing-masing.
c.       Hak pesilat hilang apabila yang bersangkutan tidak dapat mempertahankan berat badan sesuai dengan kelasnya, baik pada penimbangan pertama maupun pada penimbangan ulang.
d.      Hak pesilat hilang apabila yang bersangkutan tidak memenuhi persyaratan khusus Selekdamawa JAWA BARAT 2014.
e.       Tidak diperkenankan melakukan pergantian pesilat.
f.       Peserta adalah Peserta Didik yang aktif kuliah pada program Diploma, Strata Satu (S-1), Strata Dua (S-2) pada Sekolah di wilayah Jawa Barat;
g.      Menyerahkan surat rekomendasi/surat tugas dari pimpinan Sekolah bidang kePeserta Didikan;
h.      Batas usia peserta maksimal 24 tahun pada saat POMNAS berlangsung dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP);
i.        Menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Peserta Didik (KTM), bukti pembayaran SPP semester terakhir, Kartu Hasil Studi (KHS) khusus bagi Peserta Didik yang telah menempuh minimal 3 dan/ atau lebih;
j.        Menyerahkan fotokopi bukti lunas pembayaran iuran sekolah
k.      Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 10 lembar, dengan memakai jas almamater;
l.        Peserta yang telah memenuhi persyaratan, akan mendapat ID Card dan sertifikat dari panitia;
m.    Setiap peserta POPDDA yang menjadi juara tidak otomatis  berangkat ke ajang POMNAS XII tahun 2014 di Kepulauan Riau.




2.      Penimbangan Badan & Check Medical
Setiap pesilat harus membawa surat bukti keterangan Kesehatan yang sah yaitu dibuktikan dengan surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh dokter dari instansi rumah sakit/puskesmas yang berwenang di daerahnya masing-masing, sebelum masing-masing pesilat ditimbang badan harap ditunjukan/dikumpulkan kepada petugas timbang badan.
Penimbangan berat badan akan dilaksanakan pada:
Hari        : Senin
Tanggal   : 18 April 2014
Pukul      : 15.00 WIB – selesai (setelah technical meeting)
Tempat   : Aula Utama (Gedung A3, lantai 2) UM

Ketentuan:
Pada saat penimbangan berat badan, Manager Team harap membawa:
a.       Surat mandat yang sudah disahkan oleh tim keabsahan atlit (tim aju) dan surat keterangan kesehatan dari dokter yang berwenang di daerahnya masing-masing.
b.      Didampingi oleh Manajer atau Pelatih Kontingen.
c.       Memakai baju silat hitam-hitam dalam keadaan kering.
d.      Pada penimbangan awal, pesilat diberi kesempatan menimbang 2 (dua) kali dengan tenggang waktu 1 (satu jam).
e.       Apabila pada penimbangan I (pertama) tidak masuk dalam kelasnya, maka diberi kesempatan pada penimbangan II (kedua) dengan menyesuaikan berat badan sesuai kelas yang diikutinya, hasil timbang badan  yang kedua dijadikan dasar untuk mendaftar sebagai peserta dan tidak bisa diubah.
f.       Pesilat yang akan bertanding dilakukan penimbangan ulang pertama, yaitu 15 menit sebelum pesilat yang bersangkutan bertanding turun di gelanggang dengan pakaian kering.
g.      Apabila pada penimbangan kedua sudah diberi toleransi 15 menit sebelum pertandingan dimulai, berat badan pesilat yang bersangkutan tidak masuk sesuai kelasnya, maka pesilat tersebut kalah (Diskualifikasi).
h.      Tidak ada TOLERANSI berat badan.

3.      Technical Meeting
  1. Technical meeting diselenggarakan pada:
Hari       : Senin
Tanggal  : 18 April 2014
Pukul     : 13.00 – 15.00 WIB
Tempat  : Aula Utama (Gedung A3, lantai 2) SMK YAPSIPA TASIKMALAYA
  1. Technical meeting dipimpin oleh Ketua Pertandingan dihadiri oleh Dewan Wasit Juri, Dokter Pertandingan, Keamanan, Delegasi Teknik dan dibuka oleh penyelenggara pertandingan.
  2. Peserta Technical meeting adalah Tim Manajer dan Pelatih Kontingen.
  3. Peraturan teknis pertandingan ditangani sepenuhnya oleh Panitia Pelaksana Cabor Pencak Silat.

4.      Disiplin Pertandingan

a.  Disiplin Pertandingan
Tata tertib yang harus dipatuhi dan berlaku bagi semua pesilat, offisial, serta suporter selama berlangsungnya pertandingan adalah:
·         Membawa pelindung kemaluan sendiri.
·         Dilarang membawa segala benda tajam ke dalam arena pertandingan, membuat onar/keributan yang dapat mengganggu jalannya pertandingan,  bila melanggar akan didiskualifikasikan baik secara individual maupun secara team, serta diberikan sanksi sesuai prosedur hukum positif yang berlaku umum.
·         Dilarang bertindak kasar dengan sesama atlit/official team baik dengan kata-kata maupun perbuatan.
·         Pengambilan rekaman video/kamera foto pada saat pertandingan berlangsung hanya dapat dilakukan dalam jarak 4 (empat) meter dari garis gelanggang dan tidak mempergunakan cahaya (blitz/lampu sorot) serta dilakukan dengan tertib dan tidak mengganggu jalannya pertandingan.
·         Atlit yang akan bertanding sudah berada di gelanggang paling lambat 1 (satu) jam sebelum pertandingan dimulai dan sudah siap dengan perlengkapan pertandingan.
·         Bagi suporter, atlit/official, dan penonton wajib menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan selama dalam arena pertandingan , dilarang merusak benda-benda milik lembaga dan bertindak anarkis, sanksi pelanggaran pidana  akan diproses sesuai prosedur hukum yang berlaku/hukum positif.
·         Setiap kontingen wajib tunduk dan patuh kepada aturan pertandingan Pencak Silat hasil Munas PB IPSI 2007, aturan panitia pelaksana, dan berdisiplin menurut jadwal pertandingan yang telah direncanakan, demi suksesnya jalannya pertandingan

b.  Peraturan Pertandingan
Pertandingan pencak silat dilaksanakan berdasarkan rasa persaudaraan dan jiwa kesatria dengan menggunakan unsur-unsur beladiri, seni, dan olahraga silat serta menjunjung tinggi PRASETYA PESILAT INDONESIA. Pertandingan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan kategori yang diatur dalam peraturan pertandingan yang dipimpin oleh pelaksana teknis pertandingan yang sah sesuai dengan hasil Musyawarah Nasional XII IPSI Tahun 2007 di Jakarta.
Kategori Pertandingan:
a. Kategori Tanding/Laga
b. Kategori Seni Tunggal
c. Kategori Seni Ganda
d. Kategori Seni Beregu
Kategori Tanding/Laga ketentuan kelas dan berat badan sebagai berikut:

KELAS
PUTRA
PUTRI
A
45-50 kg
45-50 kg
B
50-55 kg
50-55 kg
C
55-60 kg
55-60 kg
D
60-65 kg
60-65 kg
E
65-70 kg
65-70 kg
F
70-75 kg

G
75-80      kg

H
80-85 kg


Kategori Seni:
a.         Tunggal pa/pi
b.        Ganda pa/pi
c.         Beregu pa/pi

c.  Sistem Pertandingan
·      Peraturan pertandingan dan perwasitan yang digunakan dalam pertandingan ini adalah Peraturan Pertandingan hasil Musyawarah Nasional XII IPSI Tahun 2007.
·      Pertandingan pencak silat POPDDA JABAR  Tahun 2014 akan dilaksanakan dengan sistem GUGUR, khusus kategori TGR menggunakan sistem Pool (apabila peserta lebih dari 6 (enam) dibagi menjadi 2 pool).
·      Jadwal pertandingan akan disusun oleh Panitia Pelaksana (Sekretariat pertandingan dan akan dibagikan kepada seluruh peserta pertandingan pencak silat dan wajib ditaati oleh seluruh peserta.
·      Jika ada perubahan dalam jadwal pertandingan akan diatur kemudian dan akan disampaikan kepada masing-masing peserta.

d. Dokter Pertandingan
·      Dokter pertandingan ditunjuk oleh Panitia POPDDA JABAR  Cabor Pencak Silat Tahun 2014 yang mengerti tentang pertandingan pencak silat yang akan membantu setiap jalannya pertandingan menurut jadwal yang telah dientukan.
·      Dokter pertandingan mempunyai wewenang penuh dalam menentukan pesilat boleh bertanding atau tidak (fit/non fit) berdasarkan hasil pemeriksaan.

5.      Official Tim
Official tim adalah anggota kontingen yang bertugas sebagai pendamping, melayani kepentingan kontingen Sekolah masing-masing dan tidak ikut dalam perandingan/perlombaan.
6.      Wasit dan Juri
a.    Untuk menjamin terselenggaranya pertandingan/perlombaan yang baik dan lancar serta memenuhi peraturan/ketentuan yang berlaku perlu dipimpin oleh wasit dan juri.
b.    Penetapan personil perwasitan berdasarkan rekomendasi dari PENGPROV IPSI JAWA BARAT.
c.    Keputusan Ketua Pertandingan, Dewan Wasit-Juri, Wasit-Juri dalam memimpin pertandingan di gelanggang adalah bersifat final apabila terdapat protes dari pelatih/official peserta POPDDA JABAR  Cabor Pencak Silat Tahun 2014, wajib melalui prosedur dan mekanisme protes yang sah berdasar peraturan PB IPSI hasil Munas 2007, dan dikenakan biaya protes sebesar Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah)

G. PIALA YANG DIPEREBUTKAN

JUARA I
JUARA II
JUARA III
16
16
30

H.  KECELAKAAN DAN MUSIBAH

1. Dalam hal terjadi kecelakaan/musibah terkait dengan pertandingan, Panitia hanya memberikan pertolongan pertama sampai mengantarkan ke Rumah Sakit.
2.  Segala biaya dan tangungjawab setelah sampai di Rumah Sakit tidak menjadi tanggung jawab panitia.

I. PENUTUP

Hal lain yang belum tercantum dalam ketentuan ini akan ditetapkan kemudian pada saat Technical Meeting.


TASIKMALAYA, 14 Maret 2014
Wakil Kepala Sekolah
Bidang Kepeserta Didikan,


Kadim Masjkur
NIP 19541216 198102 1 001








FORMULIR PENDAFTARAN
PEKAN OLAHRAGA PESERTA DIDIK DAERAH (POPDDA)
JAWA BARAT TAHUN 2014
CABANG OLAHRAGA PENCAK SILAT

Yth. Ketua Panitia POPDDA JABAR  2014 CABOR PENCAK SILAT
         d.a. Bagian KePeserta Didikan SMK YAPSIPA TASIKMALAYA
         Jl. Perintis Kemerdekaan 5 TASIKMALAYA 65145 (Gedung A3, lantai 3)
         Telp. 0341-551312 psw 136-137 Fax. 0341-556775
         Email: fatmawati_kabagmawa@yahoo.com

Bersama ini kami mengirimkan Peserta Didik kami untuk mengikuti PEKAN OLAHRAGA PESERTA DIDIK DAERAH (POPDDA) Tahun 2014 JAWA BARAT  Cabang Olahraga Pencak Silat dengan data-data sebagai berikut.
Asal Sekolah               : ................................................................................
Alamat Sekolah           : ................................................................................
Telp./Fax.                    : ................................................................................
No
Nama Peserta Didik
NIPD
Kategori Tanding
Kelas
1




2




3




4




5





Catatan:
Formulir Pendaftaran dilampiri:
1.      Surat rekomendasi dari pimpinan Sekolah bidang kePeserta Didikan,
2.      Fotokopi Kartu Tanda Peserta Didik (KTPD), bukti pembayaran SPP semester terakhir, Kartu Hasil Studi (KHS) khusus bagi peserta didik yang telah menempuh minimal 3 dan atau lebih dan Kartu Rencana Studi (KRS) bagi Peserta Didik baru,
3.      Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
4.      Pas foto terbaru berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 10 lembar dengan memakai jas almamater,
5.      Fotokopi bukti lunas pembayaran iuran Sekolah tahun 2014,
6.      Biaya pendaftaran dapat dibayarkan pada saat technical meeting.

   ........., .........................2014
    Wakil Kepala Sekolah,




   (..........................................)
                                                                                                                                Nama + Stempel Sekolah